Fakultas  Keguruan  dan Ilmu Pendidikan  UM. Buton  berdiri pada tanggal 10 Juli 2001 dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor: 81/D/O/2001, memiliki tiga Program Studi, yakni Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Diploma 2 (PGSD D-2). Pada tahun 2010 program studi PGSD D-2 melakukan penyetaraan menjadi program Sarjana dengan surat keputusan Dirjen Dikti Nomor 114/D/O/2010. Tahun 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM. Buton telah memiliki lima program studi, yaitu: (1) Pendidikan Bahasa Indonesia (2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD); (3)  Bimbingan dan Konseling,   (4)   Pendidikan Biologi dan (5) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan  UM. Buton menyelenggarakan pendidikan strata-1 untuk mendukung sumberdaya manusia dan sumberdaya aparatur dengan menciptakan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dalam rangka meningkatkan mutu dan perwujudan satu kesatuan sistem pendidikan.Secara konsep, visi merupakan gambaran tentang masa depan yang dicita-citakan untuk diwujudkan dalam kurun waktu tertentu.Penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran fakultas dan program studi disusun untuk mendukung tercapainya visi dan misi Universitas Muhammadiyah Buton yakni Unggul Membangun Prestasi. Visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas dan program studi yang telah ditetapkan tersebut dimaksudkan untuk memberikan arah dan dasar pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh semua civitas akademik yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Buton sehingga dapat mensinergikan semua kekuatan/sumber daya yang dimiliki oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di tingkat regional dan nasional.

Dalam proses penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Program Studi UM Buton telah melibatkan civitas akademika, alumni dan pengguna lulusan sehingga kemudian ditetapkan visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah

“Menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang unggul, profesional, dan Islami dalam mengelola pendidikan dan pengajaran di Kawasan Timur Indonesia pada tahun 2025”.